22 Feb 2016

INTERNET

Author: yolanda fiegadini p | Filed under: Uncategorized

SEJARAH INTERNET

Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, keandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California Los Angeles, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Pada tahun 1982, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan lalu disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984. Di tahun 1986, lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan.

Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang segera bergabung ke dalam jaringan ini. Pada awalnya, Internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, e-mail/ messaging, ataupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Layanan yang ada hanyalah Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks.

Kemajuan dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Tentu saja, web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.

Terobosan lainnya terjadi pada 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain. Bersamaan dengan itu, Gedung Putih (WhiteHouse) mulai tersambung di Internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information Infrastructure Act.

Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada 1994. Pelopornya adalah perusahaan Pizza Hut dan penggunaan Internet banking pertama kali oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu, kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan Internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan jaringan di luar negeri. Menurut situs Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia), Rahmat M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan nama-nama yang berjasa di awal pengembangan internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing tokoh telah menyumbangkan keahlian dan dedikasinya dalam mengembangkan jaringan komputer dan internet di Indonesia.

KONEKSI INTERNET BROADBAND

Saat ini, broadband adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet broadband. Internet Connection Broadband dalam arti harfiah, berarti berbagai frekuensi yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, mengakses internet adalah proses yang sangat lambat karena koneksi dial-up. Dial-up connection merupakan cara yang murah mengakses internet, karena biaya sama dengan panggilan telepon lokal. Rencana bulanan sebuah koneksi dial-up juga mirip dengan yang telepon. Namun, kecepatan koneksi dial-up terlalu lamban dan telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor ini telah membuat koneksi internet broadband metode yang disukai untuk akses internet. Istilah, broadband dalam ‘koneksi internet broadband’, mengacu pada bandwidth dari koneksi internet.

Istilah bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data, dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet. Kecepatan transfer data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan dial-up koneksi internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada biaya, kecepatan dan ketersediaan. Ini adalah sebagai berikut:

  1. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah yang paling umum digunakan koneksi internet broadband. Secara luas digunakan untuk perumahan dan komersial. ADSL adalah garis digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menggangu saluran telepon Anda. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih. ADSL memungkinkan kecepatan tinggi koneksi internet tanpa saluran telepon Anda tetap sibuk. Kecepatan proses download lebih besar daripada kecepatan upload, dalam kasus sambungan ADSL. Hal ini disebut ‘asimetris’ karena perbedaan ini dalam kecepatan download dan upload.

  1. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL sama dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. Para koneksi internet broadband SDSL dicirikan oleh identik kecepatan upload dan download. Hal ini bermanfaat untuk tujuan bisnis komersial dan sebagai kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan ini. Hal ini lebih mahal dibandingkan ADSL, tetapi sepadan dengan biaya ketika bisnis dan keuntungan komersial dipertimbangkan.

  1. Wireless Broadband Internet Connection

Koneksi internet nirkabel adalah koneksi yang kita butuhkan sekarang ini  laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses Internet broadband berkisar dari 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.

  1. Cable Broadband Internet Connection

Internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. TV kabel digunakan oleh hampir semua orang dan sekarang koneksi internet juga dibuat tersedia bersama-sama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis sambungan internet broadband yang sama

  1. Satellite Broadband Internet Connection

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan. Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

  1. Fiber Optic Broadband Internet Connection

Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi biaya dapat menjadi penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

TUJUAN IP ADDRESS DAN HUBUNGANNYA DENGAN NAMA DOMAIN

Internet mengandalkan sistem alamat yang menyerupai sistem pos untuk mengirimkan data pada komputer dalam suatu tujuan. Alamat IP (IP Address) merupakan suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. Alamat IP biasanya terdiri atas empat kelompok angka, masing-masing dipisahkan oleh suatu tanda titik, contohnya seperti 192.16.10.1. IP address memiliki dua fungsi, yakni:

  1. IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan

    Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan.

  2. IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringanFungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.

HUBUNGAN DENGAN NAMA DOMAIN

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Tujuan utama untuk menciptakan sistem nama domain alamat IP adalah bagi orang-orang dapat terhubung ke komputer lain di internet hanya dengan menerapkan yang mudah mengingat nama daripada alamat IP tertentu. Jadi sebagai hasilnya,penting bahwa nama domain harus memiliki alamat IP yang cocok untuk itu berfungsi dengan benar. Ini juga salah satu penjelasan terbaik yang menunjukkan bagaimana nama domain dan alamat IP yang terhubung.

Nama domain adalah versi teks dari alamat IP. Ketika kita menyebutkan suatu nama domain, server akan menerjemahkan nama domain tersebut ke alamat IP-nya yang bersesuaian sehingga data dapat disampaikan ke komputer yang memintanya. Server ini adalah suatu server Internet yang biasanya berhubungan dengan penyedia akses

Dengan nama domain alamat IP, Anda memiliki kebebasan untuk kedua jenis nama domain atau alamat IP ke web browser dan Anda pasti akan melihat halaman yang sama. Hal ini karena alasan bahwa ketika anda mengetik nama domain ke dalam browser web, Internet Service Provider atau ISP itu kemudian akan mencari alamat IP yang terkait di server mereka.

FITUR BROWSER DAN IDENTIFIKASI ALAMAT WEB

Web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web.

Bagian – bagian dari fitur web browser adalah sebagai berikut:

  1. Active content, digunakan untuk meningkatkan functionality atau menambah kemudahan disain dimana halaman web didasarkan pada scripts yang mengeksekusi program pada web browser. Scripts inilah yang sering digunakan untuk download atau mengeksekusi kode-kode/script yang beresiko pada komputer pengguna. Tidak selalu JavaScript dan and active content berbahaya meskipun merupakan cara yang umum digunakan oleh penyusup. Sementara itu cookies mungkin sekali mengkoleksi dan menyimpan informasi selama pengguna menjelajahi internet.
  2. Session cookies menyimpan informasi selama pengguna menggunakan browser.
  3. Bookmark manager merupakan petunjuk kesuatu URL dan hampir semua web browser mendukung fitur ini. Mempermudah dalam melakukan katalog dan akses pada suatu halaman web yang telah atau akan dikunjungi tanpa harusmengingat URL-nya.
  4. Fasilitas Caching dari isi halaman web memungkinkan misalnya halaman web dan gambarnya dengan tujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Browser mendukung berbagai tipe media melalui plugin seperti Macromedia Flash dan QuickTime.
  5. Fitur autocompletion pada pengisian alamat URL dan pengisian data pada form form data merupakan fitur yang disediakan oleh banyak text editors, word processor, dan tentunya web browser. Fitur ini mempunyai kemampuan memprediksi kata atau frase yang mungkin akan diketikan oleh user tanpa user harus mengetik secara lengkap.
  6. Tabbed document interface (TDI) merupakan fitur yang banyak dijumpai pada perangkat lunak berbasis grafis (graphical user interfaces (GUI)), sebuah TDI memungkinkan beberapa dokument ditampilkan pada satu jendela, dan menggunakan tab sebagai alat navigasi. Kemampuan web browser dalam menanggulangi iklan pop-up yang sering muncul jika kita membuka jendela baru, juga perlu dipertimbangkan. Selain itu adakah kemampuan advert filtering yaitu kemampuan untuk mencegah munculnya isi yang bersifat iklan pada suatu halaman web? Atau adakah kemampuan mencegah phishing yaitu kegiatan kriminal yang umumnya berusaha menumpulkan informasi penting dan sensitive misal password atau nomor kartu kredit. Kebanyakan phishing dilakukan menggunakan email atau instant message.

Salah satu contoh web browser adalah Google Chrome. Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta   internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil. Beberapa fitur yang ada pada Google Chrome diantaranya:

  1. Menyimpan Halaman Web
  1. Hapus Web History, dengan mengetik (chrome://history) pada kolom taskbar.
  1. Membuat Pintasan Keyboard
  1. Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
  2. Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
  3. Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
  4. Perhitungan cepat dari Address Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya

IDENTIFIKASI ALAMAT WEB

Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut juga URL (Uniform Resource Locator). URL adalah alamat unik (link) yang dimiliki setiap website. Dengan URL, kita dapat mengetahui alamat atau direktori dari suatu situs yang kita kunjungi tersebut. URL memang berbeda-beda pada suatu website. Ada yang langsung menuju ke halaman, ataupun yang menuju ke suatu kategori.

Uniform Resource Locator atau biasa kita sebut URL memang wajib ataupun memang ada pada suatu website. Dengan URL kita akan mengetahui suatu link ataupun tempat dimana kita menemukan suatu halaman. URL sendiri terbagi dalam 4 bagian-bagian yang disatukan kemudian menjadi URL yang utuh.

  1. Protokol. Dalam suatu URL biasanya disingkat dengan nama http:// ataupun kepanjangannya adalah Hypertext Tranfer Protocol. ini bagian yang penting dari URL untuk memudahkan pembaca untuk langsung klik URL tersebut tanpa harus copy paste (copas) ke address bar browser
  2. Nama host (hostname). Ini adalah kata selanjutnya dalam URL setelah http://. yaitu yang biasa disebut WWW (Word Wide Web). Bagian ini dapat dipakai atau tidaknya tergantung pada URL yang dimiliki. URL pada suatu blog atau website ada yang memakai WWW juga ada yang tidak
  3. Domain. Domain adalah suatu kata yang menunjukkan suatu alamat atau nama situs. Misalnya twitter.com , google.com dan lain sebagainya. Domain juga ada dua jenis, yaitu berbayar (.com, .net, .info) ataupun gratis (biasanya hosting gratis seperti blogger.com)
  4. Directory. Directory adalah suatu kategori ataupun label dalam sebuah website atau blog. Biasanya ada di samping domain.

Contoh : http://domain.com/berita. “Berita” itulah yang disebut directory. Directory juga biasanya disusul oleh nama file atau dokumen.

Contoh : http://domain.com/berita/gempa.html

Contoh URL utuh : http://www.domain.com/berita/gempa.html

 

CARA PENCARIAN EFEKTIF DI INTERNET

Menggunakan search engine merupakan cara yang biasa ditempuh untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan di World Wide Web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunaan search engine memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan (query) dengan cara yang kurang tepat. Tips-tips berikut diharapkan dapat menuntun anda menggunakan search engine secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan :

  1. Gunakan search engine yang tepat

Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.

  1. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum.

Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (gitar) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakan kata kunci berupa gitar dari jenis ataupun merek tertentu.

  1. Masukkan keyword secara singkat namun jelas.

Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti biography of rider Valentino Rossi, akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Rossi biography. Disamping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.

  1. Gunakan operator Boolean.

Kata kunci AND, OR, NOT, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Rossi AND biography NOT motogp akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Valentino Rossi dan menghindari masuknya halaman tentang race motogp dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.

  1. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.

Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci “teknologi komputer” akan memberikan hasil yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

  1. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda.

Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) mengirimkan perintah pencarian ke beberapa search engine sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada search engine favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.

  1. Gunakan fungsi Find pada browser.

Ketika search engine menampilkan halamantertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Valentino Rossi yang dilakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian motogp pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi Find [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan /Rossi/. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Valentino Rossi yang anda cari-cari itu.

MANFAAT DAN RISIKO PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Dalam penggunaan media sosial , tentu saja tidak terlepas dari manfaat dan juga risiko yang ditimbulkan.

Manfaat Sosial Media

  1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi

Manfaat sosial media tentu sesuai namanya yaitu untuk bersosialisasi. Sehingga fungsi utamanya adalah media untuk bersosialisasi antar individu. Sosialisasi ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa batas waktu dan ruang. Hal inilah tujuan utama dari sosial media, dan sukses menyedot banyak pengguna yang ingin bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kerabatnya.

  1. Sosial Media dapat mempertemukan Teman Lama.

Masih ada hubungannya dengan bersosialisasi, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama.

  1. Sosial Media Menemukan teman baru

Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media.

  1. Sebagai media penghibur

Seringkali, media sosial juga dapat menghilangkan stress.  Anda dapat menemukan berbagai hal menarik yang menghibur. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar lucu, ataupun kutipan kutipan menarik yang dapat membuat anda rileks dan bisa melupakan kelelahan dan pusing sejenak. Apabila anda sedang suntuk, anda juga dapat mencari berbagai hal menarik yang dapat menghibur anda di sosial media.

  1. Penyaluran Hobi

Ada banyak grup dan akun dari sosial media yang menjadi tempat berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobi yang sejenis. Ada komunitas kendaraan bermotor, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta music, dan bahkan ada pula komunitas karyawan dengan jenis pekerjaan yang sama. Dalam komunitas ini, para pengguna sosial media dapat saling berbagi pengalaman, tips, dan banyak hal mengenai hobi dan kesamaan minat mereka.

  1. Memberikan Berbagai Macam Informasi ter-update

informasi-informasi yang penting dapat kita temui dengan sangat mudah di dalam sosial media. Pengguna sosial media pun cukup terbantu dengan informasi-informasi tersebut. Selain itu, informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.

  1. Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan

Di media sosial dapat ditemukan metode pemberian ilmu pengetahuan yang bersifat mendidik. Selain itu kita dapat mengambil pelajaran dari jurnal-jurnal yang diposting melalui media sosial. Tentu saja hal ini akan menambah wawasan pengetahuan kita.

  1. Sosial Media untuk Menghasilka Uang

Manfaat lain dengan hadirnya media sosial adalah dapat untuk pengembanganbisnis. Bagi beberapa orang juga dapat menghasilkan uang melalui facebook. Terkadang juga beberapa toko online memanfaatkan facebook atau twitter untuk mengembangkan toko online mreka untuk branding. Serta sebagai sarana promosi dalam berbisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya

Risiko Penggunaan Media Sosial

Disamping manfaat yang dimikili sosial media, tentu saja terdapat sisi negatif, diantaranya:

  1. Risiko Reputasi

Reputasi, merk, dan goodwill merupakan asset yang dimiliki oleh personal maupun organisasi. Aset-aset tersebut dapat hilang ataupun mendapatkan “cap” jelek hanya karena adanya publikasi seseorang melalui media sosial. Apa yang anda keluhkan di media sosial, gaji minim, konflik dengan rekan kerja maupun atasan, secara tidak langsung akan dapat memengaruhi reputasi tempat anda bekerja. Atau kemungkinan yang lebih buruk, anda dianggap mencemarkan nama baik organisasi atas apa yang anda keluhkan di media sosial.

  1. Risiko Privasi

Media sosial dirancang agar penggunanya merasa nyaman dan dapat membagi informasi apapun, ke siapapun, serta mendapatkan feedback yang cepat atas hal yang diinformasikan. Tidak menjadi masalah jika informasi yang disebarkan tidak terkait informasi yang seharusnya hanya beredar di dalam lingkup organisasi, namun ketika informasi itu tidak dipilah dan disaring terlebih dahulu, apalagi menyangkut dengan informasi sensitif ataupun bersifat rahasia, hasilnya akan merugikan organisasi.

  1. Kecanduan dan tidak mengenal waktu

Orang yang sudah asyik bermain media sosial susah lepas untuk dihentikan. Terutama untuk para remaja yang masih belum bisa memprioritaskan mana yang harus dikerjakan mana yang tidak harus dikerjakan. Mereka akan mudah tercandu dengan serunya aplikasi media sosial hingga lupa terhadap waktu. Dengan begitu mereka akan lupa untuk mengerjakan hal hal yang penting yang justru malah digunakan untuk bersosial media.

  1. Tidak peduli dengan sekitar

Kebanyakan orang saat sudah merasakan asyiknya online menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, entah itu pada saudara, orangtua atau teman. Bahkan, dengan dirinya sendiri pun lupa. Tidak peduli orangtua sedang repot butuh bantuan, tidak peduli lantai kotor dan harus disapu, tidak peduli sudah menjalankan ibadah sholat atau belum dan masih banyak lagi ketidak pedulian mereka disaat sedang asyik di dunia maya.

  1. Kurang sosialisasi dengan lingkungan

Jika diperhatikan banyak remaja sekarang yang tidak akrab dengan tetangga sekitar. Mereka cenderung asyik mengurung diri di kamar memainkan jari jemarinya di keyboard komputer atau keypad handphone mereka. Sehingga kebiasaan ini menyebabkan mereka menjadi tidak dikenal di masyarakat, tidak mengetahui ada info apa di lingkungan sekitar dan sebagainya.

  1. Menghamburkan uang

Rata-rata bagi mereka yang kecanduan media sosial selalu menjaga pulsanya demi bisa bermedia sosial ria. Banyak juga remaja sekarang yang lebih memilih pulsanya didaftarkan untuk paket internet daripada untuk menelpon atau sms keluarga. Sekarang sekitar 50 000 rupiah minimal biaya yang dibutuhkan untuk 1 bulan paket internet. Itupun belum termasuk biaya sms dan telepon. Bagaimana dengan keuangan anak remaja yang masih duduk dibangku sekolah ? tidakah itu terlalu memberatkan? Ya mungkin sangat memberatkan bagi sebagian masyarakat. Orangtua akhirnya perlu mengeluarkan biaya yang lebih lagi untuk putra putrinya.

  1. Mengganggu kesehatan

Mereka yang sedang asyik di media sosial cenderung suka tidur larut malam dan melupakan perutnya sudah terisi makanan atau belum. Sudah tentu hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.

  1. Malas Belajar

Jika terlalu asyik bermain menggunakan sosial media menyebabkan malas untuk membuka kembali buku pelajaran sekolah atau kuliah. Saat ingin mengerjakan tugas sekolah atau kuliah pun inginnya segera cepat karena sudah terfokus dengan sosial media. Alhasil kualitas daya belajar mereka pun menurun akibat penggunaan yang berlebihan.

 

Yolanda Fiegadini Pramesti

15/380661/SV/08468

 

Sumber:

Adi, Dhanang Sukmana & Yuliani Siyamtiningtyas. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Bawono, Agung & Irawan Eka Pradittya. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Setiyadi, Juliyanto Arif & Bahrul Ulum. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Pusat Perbukuan.

http://tatakelola.co/manajemen-risiko/risiko-media-sosial-dan-bagaimana-layaknya-organisasi-merespon/

https://inconcept.wordpress.com/2010/02/05/apa-yang-dimaksud-dengan-koneksi-internet-broadband/

http://teoriinternett.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-jenis-jenis-browser-dan.html

http://trhyputra07.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-browser-dan-fitur-fitur.html

http://ilcompvieta.blogspot.co.id/2011/09/bagian-bagian-url.html

http://razaqtechno.blogspot.co.id/2016/01/mengenal-fitur-pada-browser-google.html

https://books.google.co.id/books?id=GRVvbCZb3cUC&pg=PA65&dq=tujuan+alamat+ip&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwj4-KuIvoTLAhWOc44KHVVYA4AQ6AEIIjAB#v=onepage&q=tujuan%20alamat%20ip&f=false

https://apexsajo.wordpress.com/2014/12/08/tugas-4-http-protocol-ip-address-dan-domain/

http://belajar-komputer-mu.com/memahami-pengertian-ip-address/

http://manfaat.co.id/10-manfaat-sosial-media-di-berbagai-bidang

https://anitafantastikaaa.wordpress.com/2014/12/15/dampak-negatif-penggunaan-sosial-media/

http://tugasku.blogdetik.com/2013/11/21/cara-efektif-menggunakan-search-engine-2/

http://ngahadi.blogspot.co.id/2010/06/cara-efektif-menggunakan-search-engine.html

 

Leave a Reply