19 Mar 2016

Office 365 & Digital Storage

Author: yolanda fiegadini p | Filed under: Uncategorized

Office 365

Office 365 merupakan sekumpulan fasilitas komputasi online yang didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dalam berkomunikasi dan berkolaborasi melalui medium Internet. Office 365 dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Universitas Gadjah Mada (UGM), baik itu mahasiswa, dosen, ataupun staf untuk komunikasi di lingkup organisasi ataupun antar organisasi.

halaman depan 1

Terdapat berbagai fasilitas pada Office 365 yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik akun, di antaranya:

halaman awal 2

1. Mail

Email menyediakan kapasitas sebesar 50 GB. Bukan hanya email tetapi email yang memberikan kebebasan dan mendukung berbagai skenario yang memudahkan akademisi untuk melakukan berbagai skenario seperti:

  • Mengetahui kontak rekan lain yang tergabung di Office 365 dan setiap perubahannya. Sebagai contoh seorang dosen ingin mencari kontak dosen lain yang memiliki kompetensi tertentu.

halaman email 1

 

  • berkirim email dengan pengguna lain

halaman email send 2

2. Kalender

Melalui sistem kalendar  ini mahasiswa dapat segera mengetahui perubahan jadwal kuliah atau kegiatan penting dengan sistem kalendar terpusat dan terintegrasi. Selain itu mahasiswa dapat melakukan reminder untuk suatu acara atau keperluan lainnya.

halaman kalender

3. People

People merupakan menu yang berisian kontak pengguna, direktori, serta grup.

people

Didalam direktori terdapat distribution list yang membantu mahasiswa membuat kelompok belajar, grup riset, dan juga mailing list komunitas untuk berbagi ilmu pengetahuan melalui platform email Office 365. Selain itu untuk memudahkakn mencari pengguna lain atau grup

halaman distribution list

 

4. Newsfeed

Merupakan situs untuk berbagi umpan kepada pengguna yang kita ikuti dan dapat mengomentari postingan. Dengan kata lain tampilan newsfeed disini hapir menyerupai facebook.

halaman newsfeed

 

 

5. Onedrive

 

Sebagai penyimpanan awan, onedrive dirancang untuk digunakan secara personal sekaligus untuk berkolaborasi dengan kapasitas 1TB. OneDrive for Business dapat memudahkan akademisi untuk melakukan pengelolaan berbagai berkas dengan skenario seperti:

  • Menyimpan berkas penting seperti dokumen skripsi atau sejenisnya untuk menjadi backup dari data yang tersimpan di komputer. Sehingga meminimalisir kemungkinan kehilangan data yang disebabkan karena virus atau kerusakan hardware.

onedrive

  • Berkas dan dokumen yang dapat dibagikan kepada sesama pengguna akun secara personal memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menjalin kegiatan kolaboratif, seperti dalam pengerjaan tugas kelompok atau laporan organisasi.

share

6. Situs Kolaborasi

Diciptakan untuk memberikan pengalaman lebih dalam berkolaborasi, Office 365 dilengkapi dengan SharePoint Online yang memungkinkan pengguna untuk mengelola Team Site.

  • Team Site dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, atau staf untuk mendirikan ruang kerja virtual yang bermanfaat untuk pengerjaan tugas/proyek tertentu atau sebagai virtual workspace organisasi di kampus.

situs tim

  • Pengguna dapat mengatur aplikasi dan layout pada team site sesuai kebutuhan. Fitur Social dan Document Library menjadikan kolaborasi virtual lebih interaktif.

thdg

7. Task

Merupakan menu yang ada di Office 365 untuk mendaftar dan menambahkan tugas penting beserta waktu jatuh tempo dan reminder.

tassk

 

8. Delve

Merupakan menu untuk melihat profile atau akun pengguna serta pengguna lain. serta untuk melihat dokumen terkini pengguna dan menemukan dokumen yang dikerjakan orang lain.

delve

dera

 

9. Video

Merupakan menu yang gunakan bagi pengguna untuk mengunggah video, mensharing video serta dapat membuat chanel atau saluran sendiri yang dapat dilihat pengguna lain.

video

 

  • daftar chanel di menu video

video chanel

 

10. Word

Merupakan prigram pengolah data berupa huruf/kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen, dan lain lain.
word

  • membuat dokumen baru

word 2

11. Excel

merupakan salah satu menu di Office 365 untuk pengolah angka yang membantu pengguna untuk menghitung angka-angka dengan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan perhitungan. Selain itu disediakan tema yang dapat dipilih pengguna.

excel

 

  • membuat lembar kerja baru

excel blank

12. PowerPoint

Menu untuk membuat slide power point untuk presentasidan disajikan berbagai custom tema yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhanppt 1

  • membuat lembar presentasi

ppt 2

 

13. OneNote

Merupakan menu yang dapat digunakan pengguna untuk membuat catatan. Sehingga menu ini mirip dengan aplikasi NotePad

onenote 2l

  • lembar kerja OneNote

onenote

 

14. Sway

Menu yang membantu pengguna mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, presentasi dan dokumen interaktif lainnya berbasis web yang memukau.

sway

sway 2

 

 

 

Digital Storage

 

 

Storage merupakan tempat untuk menyimpan atau menampung data / program dalam suatu sistem komputer. media penyimpanan/storage pada perkembangan teknilogi saat ini mengalami banyak perkembangan menjadi beberapa macam bentuk. Contoh-contoh storage yang biasa kita pakai yaitu flashdisk, hard disk, dll. Media penyimpanan/storage terbagi menjadi dua yaitu primary storage dan secondary storage.

  1. Primary storage

Primary storage biasa disebut memori utama atau memori internal. Komponen ini berfungsi sebagai pengingat yang menyimpan data dan atau program. Primary storage atau memori utama dapat dicirikan memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi. Kapasitas cenderung kecil/sedikit, dan harga yang mahal. Penyimpanan internal ini adalah satu-satunya yang dapat diakses secara langsung ke CPU yang berguna untuk membaca instruksi yang tersimpan di memori dan mengeksekusinya sesuai kebutuhan. Data apapun secara aktif dioperasikan dan disimpan di memori dengan cara yang sama. Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O. contoh primary storage sebagai berikut

  • RAM (Random Access Memory);

Merupakan Bagian dari main memory yang dapat kita isi dengan data atau program dari disket atausumber lain. Dimana data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja didalam memori. Data yang disimpan pada RAMini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang.

  • ROM (Read Only Memory);

ROM mempunyai tugas untuk menyimpan program yang sifatnya tetap atau permanen, tidak tergantung pada keberadaan arus listrik (nonvolatile), dan program yang tersimpan dalam ROM mempunyai sifat hanya bisa dibaca oleh para pengguna komputer. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan perangkat keras).

  1. Secondary Storage

Memori dari CPU sangat terbatas sekali dan hanya dapat menyimpan informasi untuksementara waktu. Oleh sebab itu alat penyimpan data yang permanen sangat diperlukan.Informasi yang disimpan pada alat-alat tersebut dapat diambil dan ditransfer pada CPUpada saat diperlukan. Alat tersebut dinamakan Secondary Memory (Auxiliary Memory)atau backing storage. Penyimpanan sekunder terdiri dari peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan sewaktu-waktu dapat dibaca kembali. Secondary storage atau yang biasa juga disebut external storage, adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU) serta tidak dapat diakses langsung oleh CPU.

Salah satu contoh Secondary Storage Device adalah digital storage yang dikelompokkan dalam 3 bagian yaitu magnetik discs, flash memory,dan optical disc.

A. Magnetic disc

Magnetic Disc merupakan media penyimpanan sekunder yang terdiri dari satu atau lebih piringan, terbuat dari metal yang dilapisi iron-oxide. Perekaman data direpresentasikan dengan kedudukan elemen magnetiknya. Contoh magnetic disc antara lain:

  1. Harddisk

memformat harddisk dengan sistem low level format depfrezz

Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

Fungsi harddisk yaitu utamanya sebagai media penyimpanan pada komputer atau storage data secara permanen. Harddisk menyimpan berbagai macam informasi, salah satunya informasi mengenai perangkat keras (hardware) yang ada di dalam PC (personal computer) tersebut, lalu Sistem Operasi Komputer itu sendiri. Harddisk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja dari suatu PC. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer yang akan dihasilkan.

       2. Floppy disk

floppy-disk-580-75

Floppy yang biasa disebut disket ini adalah media penyimpanan yang terbuat dari piringan tipis dan ditutup dengan plastic yang berbentuk segi empat. Saat ini floppy atau disket ini sudah jarang digunakan. Keterbatasan dalam penyimpanan kapasitas data membuat media penyimpanan ini tergeser oleh media penyimpanan lainnya seperti hardisk eksternal, usb flashdisk, dan memory card yang dapat lebih banyak menyimpan data, dan cukup kuat tidak rentan rusak. Namun, meskipun keberadaannya sudah jarang digunakan, floppy ini masih diandalkan untuk menyimpan data kapasitas kecil dan sekali pakai.

       3. Zip disk

410JB9V9CFL

Zip disk adalah media portable yang dapat menyimpan data sebanyak 100 MB sampai dengan 750 MB. Zip disk biasanya digunakan untuk membuat backup data karena kapasitasnya yang besar dengan bentuk fisik yang kecil sehingga mudah dibawa. Untuk membaca dan menulisi zip disk dibutuhkan sebuah peralatan yang disebut Zip drive yang diproduksi oleh Iomega Corporation. Zip drive eksternal dihubungkan ke sistem unit dengan menggunakan port USB atau FireWire.

B. Optical Disk

Optical Disk terdiri dari track spiral dalam satu permukaan flat. Perekaman data dilakukan dengan membakar titik-titik kecil di lapisan permukaan disk dengan menggunakan sinar laser dan bersifat permanen. Contoh optical drive antara lain

  1. CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)

CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.

cdrwcdr-300x300linuxcd

Jenis Compact Disc :

  • CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.
  • CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
  • CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

       2. DVD

dvd-r-rw-media

DVD adalah jenis cakram optik  generasi ke-dua hasil pengembangan dari cakram optik CD yang memiliki kapasitas lebih besar 7 kali lipat dari sebuah keping CD. Cakram DVD juga memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu dengan ukuran penyimpanan data sebesar 8 GB, biasanya cakram ini terdiri dari Dual-Layer. Varian dari DVD sama seerti pada cakram CD yaitu terdiri dari DVD-R (DVD- Read) dan DVD-RW (DVD-Rewriteable)

      3. Blu-Ray

dvd-vs-bluray

Teknologi Blu-ray adalah merupakan format disc optic, yang merupakan perkembangan dari CD dan DVD. Keunggulan dari blu-ray yaitu pada kapasitas lapisan-sided Blu-ray disc, dimana lebih besar 35 kali dari CD dan lebih besar lima kali dari DVD. Kapasitas Blu-Ray disc dual layer memiliki kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 Gb per keping.

Selain itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan DVD. Ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio jernih, Khusus yang penting dalam aplikasi HDTV.

      4. HD DVD

hd_dvd_disc

Teknologi ini dipelopori oleh perusahaan toshiba,kepingan ini merupakan perbaikan dari arsitektur DVD yang ada saat ini. Laser yang digunakan adalah 405 nm blu-ray laser (sama seperti halnya blu-ray). Kapasitas kepingan ini lebih kecil dari pada blu-ray,yaitu 15 GB untuk single layer dan 30 GB untuk dual layer. Persaingan antara keduanya yaitu blu-ray dan HD-DVD telah berakhir dengan keputusan, pihak toshiba tidak akan mengeluarkan produk HD-DVD.

C. Flash memory

Flash memori biasanya digunakan pada flashdisk, memori card, MP3 player, kamera digital, personal digital assistant (PDA), ponsel, dll . Secara umum gunanya untuk penyimpanan data, dan juga dapat digunakan untuk mentransfer data antara komputer atau produk digital lainnya. Sebuah jenis komponen elektronik tertentu yaitu  Programmable Read Only Memory (EEPROM) yang digunakan dalam memori flash. Memori dapat dihapus dan diprogram dalam sebuah blok kode yang besar.

Ada beberapa jenis memori flash yang telah dibuat sesuai dengan pruntukannya, namun rata-rata semua memiliki fungsi yang kurang lebihnya sama.Untuk bisa menggunakan memori flash, biasanya yang harus dilakukan adalah memasukkan kartu pada slot yang disediakan, kemudian mensinkronisasikan dengan perangkat dan data akan dikodekan ke kartu secara otomatis.

JENIS-JENIS FLASH MEMORY

  1. USB Flash Drive

row-color-usb-flash-drives-12064790

USB Flash Drive  adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB Flash Drive ada dari 128 Megabyte sampai 64 Gigabyte. USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya. Untuk masalah keamanan yang dimiliki flash drive saat ini sebatas melindungi data yang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya. Cara kerja yang dipakai saat ini antara lain menggunakan physical authentication tokens.

      2. Memory card

Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone. Memory card biasanya  mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standar bit digital. Untuk membaca data digital yang terdapat dalam kartu memory kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca kartu memory (card reader).

Macam-macam memory card

             a. Memory Stick

41JuZ5H4jSL._SX300_519JGY40JVL._SY300_

Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya.

  • Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo
    Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang meningkat.
  • Memory Stick Micro M2
    Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah  mencapai ukuran 8GB.

 b. Multimedia Card (MMC)

Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.

RS-MMC

 

  • RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card)
    Merupakan MMC generasi selanjutnya dengan ukuran lebih kecil, dapat digunakan pada slot MMC maupun SD Card dengan menggunakan sebuah adapter.

 c. Secure Digital Card (SD Card)

SD-SDHC-SDXC-Cards

Disingkat sebagai kartu SD. Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected. SD card diperkenalkan sudah sejak tahun 1999. Saat ini orang sudah dapat memilih kapasitas SD Card yang sangat beragam, tergantung kemampuan device yang digunakan.

  • SDHC (Secure Digital High Capacity)

Ini adalah memory card SD juga tapi dengan daya tampung lebih besar. SD card biasa hanya mampu menampung data sampai 2GB, maka SDHC dibuat dengan kapasitas maksimum hingga 32GB. Dua kartu ini bentuk dan ukurannya sama, tapi adalah jenis media yang berbeda.

  • SDXC (Secure Digital Xtra Capacity)

Ini masih termasuk SD card tapi dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan kecepatan tinggi dalam memproses data. Kartu jenis ini memiliki ukuran maksimal 2TB (Terabytes). Serupa dengan SDHC, kartu SDXC bisa dimasukkan ke slot SD biasa – tapi kamera mungkin tidak bisa mengenali teknologi baru ini. Saat ini sistem operasi Linux, Windows 7, Mac OSX (Snow Leopard) dan beberapa versi terbaru Microsoft Windows kompatibel dengan kartu ini.

            d. Mini SD

PENTAX Image

PENTAX Image

Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter. Mini SD ini populer digunakan pada ponsel. Fungsi dasar dari Mini SD tidak berbeda dari SD Card. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Mini SD, seperti namanya ia lebih kecil dari SD Card. Tersedia kapasitas penyimpanan antara  256 MB storage bahkan hingga 32GB.

            e. Micro SD / TransFlash

MicroSD_card_2GB_focus-stackedxd-picture-memory-card-1gb-xd-memory-card-

Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.

  • XD Card; Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya.

            f. Compact Flash Card (CF Card)

CF-Card-08544122609

Compact Flash Card (CF Card) merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan pada kamera digital. Memiliki kecepatan transfer data yang paling cepat karena memori ini memiliki chip controller. Selain dapat meyimpan file multimedia juga dapat menyimpan file data lainnya seperti text dan sebagainya.
Ada 2 ukuran dari CF Memory ini yaitu Compact Flash tipe I dan Compact Flash tipe II.  CF II lebih tebal (kira-kira 5mm) dari CF I (kira-kira 3,3mm) dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar pula.

            g. Smart Media Card

Smart_Media_db

Jenis Kartu memory Flash ini diperkenalkan di pasar oleh Toshiba pada tahun 1995, namun saat ini mungkin sudah menjadi usang bagi perangkat baru. Namun kartu ini masih populer hingga saat ini. Kapasitas penyimpanan kartu ini berkisar antara 16 MB hingga 128 MB, dan tak  lebih dari itu. Namun, kartu ini tetap berada di pasar untuk perangkat yang tidak dapat menggunakan kartu memori yang lebih tinggi dari 128 MB.

CLOUD STORAGE

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan penyimpanan file yang dapat diakses dari internet. Sebenarnya cloud storage bukan layanan teknologi baru dalam dunia internet, sebelum trend cloud computing sepopuler saat ini, layanan cloud storage lebih dikenal dengan istilah virtual drive, namun memasuki era cloud computing ini istilah tersebut berubah menjadi lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.

Diantara keuntungan memanfaatkan layanan cloud storage adalah kita tidak perlu membawa media penyimpanan untuk file-file yang telah disimpan di cloud storage, karena semuanya dapat diakses darimana saja melalui internet.

Cloud storage ada yang gratis dan ada yang berbayar. Layanan yang berbayar tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh layanan gratis, bisa dari sisi kapasitas penyimpanan maupun dari fitur lainnya yang ditawarkan oleh penyedia layanan cloud storage tersebut.

JENIS JENIS CLOUD STORAGE

  1. Personal Cloud Storage

Atau dikenal sebagai mobile cloud storage, merupakan bagian dari public cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data perorangan pada cloud dan menyediakan akses data tersebut dimanapun berada. Terdapat juga layanan sinkronisasi data dan sharing ke berbagai devices. Contohnya adalah Apple iCloud.

  1. Public Cloud Storage

Yaitu dimana perusahaan menyewa penyedia layanan storage untuk menyediakan cloud storage dan mengatur keseluruhan data perusahaan pada cloud. Model public cloud storage ini cocok untuk jenis data yang tidak terstruktur. Contoh penyedia layanan public cloud storage adalah Simple Storage Service (S3) dari Amazon.

  1. Private Cloud Storage

Suatu bentuk cloud storage dimana perusahaan dan penyedia layanan cloud berintegrasi dalam pusat data perusahaan. Penyedia layanan cloud membentuk suatu infrastruktur dalam pusat data perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan dan kecepatan akses data, ditambah semua kelebihan cloud storage.

  1. Hybrid Cloud Storage

Hybrid cloud storage adalah kombinasi dari public dan private cloud storage dimana data-data penting disimpan dalam private cloud perusahaan dan data-data lain dan arsip data disimpan serta diakses melalui public cloud storage pada penyedia layanan cloud.

CONTOH LAYANAN CLOUD STORAGE

featured-image-548x266

  1. Amazon cloud drive

Amazon sebagai salah satu provider layanan cloud computing terkemuka di dunia tidak mau ketinggalan dalam menawarakan layanan cloud storage gratis bagi customernya, sama seperti Google Drive dan Box.com, Amazon juga memberikan kapasitas 5GB untuk layanan cloud storage yang gratis. Layanan berbayar mulai dari US$20 per tahun untuk kapasitas 20GB sampai US$1000 untuk kapasitas 1000GB.

  1. Apple iClouds

iCloud merupakan layanan komputasi awan untuk penyimpanan data yang ekslusif untuk iDevice atau produk-produk Apple seperti: iMac, Macbook, iPad, iPhone dan iPod Touch. Layanan iCloud bisa digunakan minimal pada seluruh iDevice dengan OSX lion 1.7.2 dan iOS 5 keatas.

  1. Google Drive

Merupakan salah satu jasa penyimpanan cloud buatan Google yang banyak diminati. Google Drive sangat berguna untuk pengguna Google account, tetapi tidak bisa langsung mengupload foto dari smartphone ke Google Drive langsung

  1. Mediafire

Merupakan salah satu jasa penyimpanan file yang terkenal. Pengguna mendapatkan kuota penyimpanan sebesar 10GB. File yang diupload dapat diberikan password untuk menjaga keamanan file & privasi file

  1. Dropbox

Salah satu penyimpanan cloud yang sangat diminati karena multi platform / bisa diakses di platform lain seperti Android, IOS, Windows, Linux, dll. Kapasitas yang anda dapatkan saat mendaftar Dropbox sebesar 2GB, bisa terus bertambah jika menyelesaikan beberapa tutorial & menggunakan fitur-fiturnya seperti Photo upload, serta mengajak teman untuk menambah Dropbox.

  1. Box

Sama seperti cloud service lainnya tetapi memiliki beberapa fitur istimewa seperti komentar untuk file dan memberikan password. Untuk pelaku bisnis, Box sangatlah cocok karena privasi terjamin & kontrol yang baik.

  1. Mozy

Mozy membagi produknya untuk tiga kategori, seperti untuk kalangan bisnis, perusahaan dan personal. Untuk digunakan oleh kalangan bisnis dan perusahaan, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan Mozy Stash, seperti diberlakukannnya standar enkripsi yang sama dengan lembaga perbankan dan militer terpercaya dan mempunyai sertifikasi ISO 27001.

  1. Uptobox

media penyimpanan gratis yang memberikan pengguna kuota penyimpanan sebesar 1 GB. Untuk mendapatkan space yang lebih, pengguna harus menjadi akun Premium.

  1. OneDrive

One Drive(sebelumnya SkyDrive) kini hadir dengan kapasitas penyimpanan gratis sebesar15GB merupakan salah satu jasa penyimpanan cloud yang dibuat oleh Microsoft yang kompatibel dengan berbagai macam OS Windows, seperti Windows Phone, dll. Pengguna juga dapat mengedit file Ms Office secara realtime dengan Office 365.

  1. SugarSync

layanan yang aktif sync file dikomputer dan perangkat lain untuk file , akses backup , sinkronisasi dan berbagi dari berbagai system operasi.

  1. CX

Keunggulan CX terdapat pada saat kamu ingin berkolaborasi dengan sekelompok rekan kerja. Bila kamu membutuhkan layanan yang memungkinkan kamu membagikan data kepada banyak orang, CX adalah pilihan utama anda

  1. SpinderOak

SpiderOak menjanjikan sistem back-up yang dijamin aman. Sehingga tiidak perlu khawatir data akan hilang atau dicuri. Berbagi dan mensinkron data dengan SpiderOak cukup mudah karena dapat memilih data mana yang bisa diakses, oleh siapa saja. Semua data bisa dilindungi oleh password.

  1. Copy

Yang menarik dari Copy adalah fitur fair storage, yang meringankan beban anda dan pengguna Copy yang lain. Contohnya, saat anda dan 3 pengguna Copy lain sama-sama tersinkron dalam sebuah folder berukuran 20 GB. Alih-alih membebankan 20GB ke masing-masing orang, anda dan 3 pengguna lain itu akan dikenakan beban 5 GB, atau 20GB dibagi 4.

  1. CloudMe

Keunikan CloudMe terletak pada antar-muka penggunanya, yang mirip antar-muka desktop komputer. Dengan begitu anda bisa membedakan dengan mudah folder mana yang untuk kerja dengan folder yang lebih bersifat personal.

  1. Wuala

Sebelum diunggah ke server Wuala data anda akan di-enkripsi terlebih dahulu. Selain itu, password yang anda pasang tidak pernah ditansmisikan ke kantor Wuala. Wuala juga memiliki sistem backup data yang mumpuni, sehingga kalau kamu gak sengaja menghapus file yang kamu kerjakan layanan ini masih menyimpan beberapa versi lama darifile tersebut.

  1. TeamDrive

Keunggulan dari layanan TeamDrive adalah keamanannya yang tingkat tinggi. TeamDrive melindungi data dengan enkripsi 256 bit, sistem pengamanan terkini yang membuat data lebih susah dibobol. Selain itu, cuma anda yang berhak menentukan siapa aja yang boleh mengakses data anda tersebut.

  1. 4shared

Kapasitas penyimpanan gratis 15GB, bisa membuat folder didalamnya, ada keranjang sampahnya jadi bisa restore file yang terhapus yang masih ada di keranjang sampahnya, bisa berbagi2 file yang telah kita upload, ada fasilitas untuk cut, copy, paste, rename, delete, dan bisa membuat file .zip, jika ingin mengunduh file yang telah kita upload kota harus menunggu 20 detik hingga tombol unduh muncul, untuk mempunyai penyimpanan online di 4shared anda harus membuat terlebih dahulu akunnya.

KARAKTERISTIK STORAGE

  • Kecepatan

Waktu dibutuhkan utuk membaca atau menulis data. Cost meningkat sejalan dengan meningkatnya kecepatan.

  • Volatility

Kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya (Power supply). Untuk media yang tergolong volatile, maka cost menurun dengan meningkatnya volatility.

  • Metode Akses (Access Method); Metode akses terdiri atas tiga jenis :
  1.  Serial akses : Metode akses dimana proses penyimpanan dan memperoleh data diakukan dengan urutan  linear. Contoh Magnetic Tape.
  2. Random Access : Metode akses dimana tidak tergantung terhadap urutan tertentu. Contoh : Harddisk
  3. Paralell Access : Metode akses dimana dilakukan secara bersamaan terhadap lebih dari satu lokasi media penyimpanan. Contoh : Random Access Memory (RAM).
  • Portability

Portability adalah kemampuan untuk melakukan install atau memasang dan melepaskan media penyimpanan dari komputer. Portability meningkatkan cost.

  • Capacity

Capacity merupakan jumlah data maksimum yang disimpan oleh suatu media penyimpanan. Cost biasanya meningkat sejalan dengan meningkatnya kapasitas suatu media penyimpanan.

KAPASITAS STORAGE

kalkulasi yang dipakai untuk kapasitas adalah dalam ukuran Byte (B). Misalnya, USB flash drive dapat menyimpan hingga 4 GB data (sekitar empat juta byte) dan hard disk khas memiliki 320 GB (sekitar 320 milyar byte) dari kapasitas penyimpanan.

storage-ch-7-8-638

 

Kapasitas digital storage

tabel storage

 

Kapasitas Cloud Storage

kapasitas cloud storage

 

 

 

Sumber :

http://dthey46.blogspot.co.id/2012/12/jenis-media-penyimpanan.html

http://kimlosblancos.blogspot.co.id/2011/04/microsoftinternetexplorer4-0-2.html

https://maniiezzyessita.wordpress.com/4-storage-device/

https://gapra.wordpress.com/2008/11/05/pengertian-memori-utama/comment-page-1/

http://vercomfo.blogspot.co.id/2012/04/mediapenyimpanan-file-berkas.html

https://fennyforensia.wordpress.com/2014/03/09/secondary-storage/

http://www.hipwee.com/tips/selain-dropbox-11-situs-ini-akan-menyetor-datamu-secara-cuma-cuma/

http://salatigadev.com/17-cloud-storage-gratis-terbaik-pilihan-2015/

http://elginblogs.blogspot.co.id/2014/09/contoh-media-penyimpanan-cloud.html

http://www.plimbi.com/news/159392/layanan-cloud-gratis

http://alaniam.blogspot.co.id/2012/05/media-penyimpanan-berkas.html

http://365.ugm.ac.id/info.aspx

Leave a Reply