14 Mar 2016

Inside Computer

Author: yolanda fiegadini p | Filed under: Uncategorized

BAGIAN-BAGIAN DALAM KOMPUTER

Komputer memiliki bagian-bagian penyusun yang membuat komputer dapat berfungsi dengan optimal. Komponen komputer adalah komponen yang harus ada pada sebuah sistem komputer, karena apabila salah satu komponen tidak ada maka sistem komputer pun tidak akan berjalan dengan semestinya. Berikut adalah komponen atau bagian-bagian yang aada dalam komputer.

  1. Motherboard

mother

Motherboard atau papan sirkuit adalah tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

  1. Processor

intel-xeon

Processor merupakan otak atau pengendali sistem atau sebuah Chip berupa IC (Integrated Circuit) yang berfungsi mengontrol seluruh sistem komputer dan di dukung komponen lain untuk bisa menampilan hasil eksekusi yang dilakukan processor.

  1. Fan/Cooler Processor

van

Fan atau kipas processor berfungsi sebagai pendingin pada saat procesor bekerja. Sebagian besar pengguna komputer pemula terkadang kurang memahami pentingnya pendingin ini dan cendrung diabaikan. Padahal memiliki fungsi cukup vital terutama untuk memastikan komputer berjalan dengan baik.

  1. Power Supply

power-supply-unit_med

Power Supply pada CPU sebagai penyuplay arus listrik menuju komponen-komponen yang terdapat dalam CPU sekaligus mengubah tegangan dari AC menjadi DC.

  1. RAM(Random Acses Memory)

ram

RAM merupakan sebuah perangkat keras yang menjadi tempat menyimpan data sementara pada sebuah komputer dan kedudukannya sangat penting. Selain sebagai penyimpanan RAM juga berfungsi untuk membaca data, karena itu semakin kapasitasnya akan semakin cepat untuk membaca data yang tersimpan didalamnya. Untuk penggunaannya RAM dibutuhkan arus listrik sehingga saat komputer sedang berjalan dan tiba-tiba listrik mati maka semua data yang tersimpan akan terhapus.

  1. VGA

vga

VGA (Video Graphics Array) sering juga disebut Video Card, display adapter, graphics card berfungsi untuk menampilkan proses data pada CPU lewat layar monitor. Sebenarnya tanpa VGA juga komputer sudah bisa hidup dengan 5 komponen seperti yang telah disebutkan diatas.

  1. Harddisk

harddisk1

Harddisk merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika harddisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Harddisk memiliki komponen-komponen seperti piringan logam (platter), head, rangkaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal processor), chip memory, konektor, splindle, dan actuator arm motor control.

  1. Sound card

sound-card

Fungsinya adalah memerima sinyal digital dari komputer dan menjadi gelombang dan menghasilkan sinyal sonic. Sehingga semua perintah suara yg ada di komputer kita sound card inilah yang memprosesnya sebelum mengeluarkannya melalui speaker.

  1. Casing

casing-transparan-acrylic

Casing adalah bagian terluar dari CPU. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi komponen-komponen lain dari kotoran debu, dll. CPU juga memiliki fungsi sebagai dudukan atau tempat berdirinya komponen-komponen lain agar dapat berhubungan dengan kuat.

  1. Optical Disk Drive

cd_dvd

Optical Disk Drive atau sering disebut dengan CD/DVD room, merupakan sebuah perangkat yg berfungsi untuk membaca data apa pun yg telah kita masukkan ke dalam CD/DVD. dan beberapa macam tipe dari optical drive adalah: CD ROOM drive, CD-RW drive, DVD-ROOM drive, DVD-RW drive.

  1. LAN CARD

lan-card-komputer

Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis.

PROCESSOR DAN CARA KERJA

Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Bagian terpenting dari prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :

  • Control Unit (CU), bisa dikatakan sebagai gerbang sekaligus komando dari Processor. Sebab, Control Unit menyeleksi mana yang termasuk kedalam Instruksi atau Data. Apabila Data atau Instruksi memerlukan proses perhitungan, akan dilanjutkan ke ALU. Apabila data selesai di proses di Processor, data akan diteruskan melalui RAM hingga muncul ke tampilan pengguna (brainware).
  • Register / Memory Unit (MU), Sebagai tempat dimana Control Unit menyimpan Data sekaligus Instruksi yang akan di proses. Data serta Instruksi yang diambil berasal dari RAM.
  • ALU (Arithmetic and Logical Unit), memiliki fungsi melakukan proses perhitungan aritmetika serta logika berdasarkan instruksi program yang dieksekusi. Dalam hal ini Processor hanya mengenali Notasi Mesin yaitu angka 1 dan 0 (Bilangan Biner). Angka 0 menAndakan tidak adanya sinyal listrik sedangkan Angka 1 menAndakan adanya sinyal listrik.

Berikut cara kerja dari processor

Layaknya sebuah otak manusia, Processor menerima input dari Perangkat Lain yang memang terhubung dengan Processor. Program yang dieksekusi pada mulanya terdapat pada Harddisk kemudian data beserta instruksi yang berkaitan dengan Program yang Dieksekusi dimasukkan / diteruskan ke RAM. Dari RAM dilanjutkan ke Processor, Komponen Control Unit pada Processor memilah mana yang termasuk Data dan mana yang termasuk Instruksi.

Paket dari Control Unit akan disimpan di Memory Unit, untuk Paket (Data dan Instruksi) yang memerlukan perhitungan akan langsung diProses oleh Komponen ALU dan disimpan sementara di Accumulator. Apabila Pemrosesan pada Processor telah selesai Paket akan dikembalikan ke RAM, dan kemudian dimunculkan ke Pengguna.

MEMORI DAN CARA KERJA

Sistem Memori ( Memori ) adalah komponen-komponen elektronik yang menyimpan perintah- perintah yang menunggu untuk di eksekusi oleh prosesor,data yang diperlukan insruksi (perintah) dan hasil-hasil dari data yang diproses ( informasi ). Memori biasanya terdiri atas satu chip atau beberapa papan sirkuit lainnya dalam prosesor.

Memori komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, dimana setiap orang yang masuk kedalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang ada dengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer, sebenarnya masih tersimpan didalam memori, dan dalam hal ini komputer hanya membaca data dan kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan didalam memori komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kali memori penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.

Secara umum, memori dibedakan atas volatile dan non-volatile. Memori yang bersifat volatile akan kehilangan informasi yang disimpannya jika supply energy dihentikan. Contoh dari volatile memori adalah RAM (Random Access Memori). Sedangkan Non-volatile adalah memory yang datanya dapat ditulis serta dihapus, tetapi data tetap ada walaupun dalam kondisi mati/off karena tidak membutuhkan daya untuk mempertahankan memory. Atau bisa disebut temporary memory. Contoh nonvolatile memori adalah ROM (Read Only Memory), Flash memory dan CMOS.

Berikut cara kerja dari memori

Setiap perintah atau instruksi yang kita berikan pada komputer, baik itu Anda mengetikkan huruf, angka dari keyboard, membuka aplikasi, menjalankan sistim operasi windows atau aplikasi, pertama perintah yang Anda berikan akan disimpan di dalam memori sementara yang kita kenal dengan RAM.

Instruksi atau data di simpan dalam sebuah lokasi memori yang di presentasikan dalam sistim bilangan heksadesimal (basis 16).Berikutnya processor akan melacak lokasi data tersebut secara random dan melakukan tugas membaca dan menulis data dari mereka, proses ini biasanya kita kenal dengan eksekusi data.

Jadi, prosesor selalu mengambil data dari hardisk melalui RAM, namun jika kapasitas RAM tidak mencukupi, maka windows otomatis akan membuat virtual menggunakan space memori hardisk yang masih kosong, file-file yang tidak tertampung pada RAM akan di alihkan ke virtual memori yang telah dibuat di hardisk.

Jika prosesor membutuhkan file atau instruksi yang ada dalam memori virtual, prosesor akan mengambil data yang berada pada hardisk, pada saat inilah kinerja prosesor akan menjadi lambat karena transfer data dari virtual memori tadi sangat lambat di banding file dari RAM. Hal ini dapat terjadi karena hardisk merupakan mechanical device yang jauh bekerja lebih lambat dalam pemrosesan di banding RAM yang merupakan digital device.

ADAPTOR, POWER SUPPLY, DAN BATTERY

  1. ADAPTOR

acer

Sebuah adaptor pada prinsipnya adalah sebuah power supply yang telah disesuaikan voltasenya dengan peralatan yang akan disupply. Pada laptop Power Supply (Adaptor)  adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu power suply juga bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi DC agar dapat digunakan oleh laptop. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterai, namun sebenarnya fungsi utama power supply adalah untuk charge baterai laptop.

2. POWER SUPPLY

FLTZG2OH130PCT8.MEDIUM

Power Supply  merupakan salah satu perangkat keras yang terdapat dalam komputer berupa kotak yang isinya berupa kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. Fungsinya memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Power Supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer. Beberapa contoh hardware yang membutuhkan arus listrik DC adalah harddisk, kipas, motherboard dan lain-lain. Power supply juga memiliki konektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda yang sangat dibutuhkan oleh komputer pada saat ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa power supply merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam mengoperasikan suatu Komputer.

3.  BATTERY

Dell_65_WHr_6-Cell_Lithium-Ion_Battery_Dell_Vostro_V131_Laptop

Baterai adalah suatu alat yang mampu menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk arus listrik. Baterai digunakan sebagai pengganti sumber energi listrik terutama pada perangkat elektronika seperti handphone dan laptop. Fungsi baterai dalam sebuah laptop menjadi sangat dibutuhkan terutama untuk mendukung aktifitas mobile dimana biasanya kita menggunakan laptop ditempat-tempat yang tidak terdapat power listrik dari PLN. Saat kita akan membeli sebuah laptop, kita juga harus memperhatikan spesifikasi dari baterai yang digunakan pada laptop tersebut, terutama pada berapa lama baterai tersebut sanggup untuk mensupply tegangan ke laptop. Fungsi baterai pada laptop sebenarnya tidak hanya sebagai pengisi tenaga pada laptop, melainkan juga bisa menyesuaikan arus listrik yang masuk ke komponen laptop agar tidak terlalu tinggi.

CARA MERAWAT KOMPUTER

cara-merawat-laptop-agar-tetap-awet

Ada banyak  cara merawat komputer agar awet dan tahan lama. Tentunya setiap orang ingin komputernya  tahan lama meski hampir di pakai 24 jam. Kerusakkan komputer selain kualitas barang yang Anda beli dapat juga juga di pengaruhi oleh bagaimana Anda merawat komputer Anda. Berikut ini adalah cara merawat komputer agar awet dan tidak cepat rusak.

  1. Besihkan Komponen Hardware

Salah satu cara merawat komputer adalah dengan cara menjaga kebersihan hardware pada komputer. Cara ini bisa dilakukan dengan membersihkan mulai dari monitor, keyboard, serta untuk bagian dalam seperti RAM, Power Supply, Motherboard, dan banyak lagi. Lakukan pembersihan dengan membongkar CPU secara berkala. Gunakan kuas dan kain dengan permukaan halus saat membersihkan. Biasanya ketika sudah lama debu akan menumpuk, kotoran itulah yang menyebabkan komputer cepat panas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sejumlah komponen.

  1. Matikan Computer Sesuai dengan Ketentuan

Janganlah pernah mematikan computer lewat cara yg tidak benar seperti segera mencabut kontak listrik pada computer. Teraturlah mematikan computer dengan memakai shutdown. Gunakan stavolt untuk hindari mati listrik mendadak. Atau bila Anda terlampau lama memakai computer restart lah terlebih dulu, agar seluruhnya sistem computer kembali normal. Umumnya bila terlampau lama dipakai sistem computer akan melemah.

  1. Gunakan antivirus atau antimalware

Beberapa virus atau malware berbahaya mampu membuat komputer Anda rusak atau tidak bisa di gunakan lagi. Hal ini karena virus berbahaya mampu membuat komputer Anda bekerja di luar batas normal, seperti membuat CPU bekerja terus menerus dengan performa tinggi yang akan menyebabkan overheat hingga penggandaan data secara terus menerus di hardisk Anda. Untuk itu gunakanlah antivirus dan antimalware yang terupdate, bilamana program jahat menyelusup akan dapat terdeteksi.

  1. Gunakan kabel ground

Jika Anda merasakan ada arus listrik di casing komputer sebaiknya netralisir arus tersebut agar komponen komputer lebih awet. Anda bisa menetralisir arus listrik di komputer Anda dengan menggunakan kabel ground.

  1. Janganlah menggunakan Internet ketika hujan lebat

Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Di khawatirkan apabila Anda memakai internet pada computer Anda ketika hujan, dapat menyebabkan jaringan computer mudah tersambar petir serta ini dapat beresiko pada computer Anda.

  1. Aktifkan Sistem Restore Komputer

Aktifkan sistem restore juga sangatlah punya pengaruh untuk computer Anda supaya tak mudah rusak. Langkahnya dengan click kanan pada icon my desktop computer, lantas click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lantas menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.

  1. Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai

Umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita akan memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya akan lebih berat, sehingga membuat harddisk cepat rusak. Umumnya akan nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport akan terjadi hal yang seperti ini

  1. Cermati Ventilasi serta Pendingin Komputer

Ventilasi yang kurang baik mengakibatkan panas yang terlalu berlebih hingga dapat membuat komponen computer cepat panas dan memperpendek umur komponen itu. Oleh karena itu upayakan jarak pada computer serta dinding minimum 40cm. Supaya semakin baik lagi, Anda dapat memasang AC didalam ruang serta pakai cooling fan ekstra didalam CPU.

  1. Defrag harddisk secara berkala.

Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja komputer akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

  1. Pakailah UPS atau stavolt.

Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Apabila terpaksa tidak ada UPS, gunakan Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik. UPS yang dilengkapi dengan fitur “surge protector” yang akan melindungi komputer dari hampir semua jenis ganggunan pada tegangan listrik.

  1. Tutup / Close Program Yang Tidak Berguna.

Setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memory yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.

  1. Bersihkan Recycle Bin Secara Rutin.

Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin, ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk menjadi “lelet”. Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu klik OK.

  1. Jangan Meletakkan Speaker Active Terlalu Dekat Dengan Monitor.

Hal ini dikarenakan medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

  1. Jauhilah komputer dari benda cair

Karena benda cair ini sangat sensitif terhadap komputer. Seperti minyak, air dan benda cair lainnya. Jika benda cair itu sampai menyentuh alat-alat komputer bisa terjadi konslet otomatis semua perangkat-perangkat yang ada didalam komputer tersebut akan rusak.

  1. Hindari komputer overheating

Panas yang berlebih akan membuat komponen komputer cepat panas dan memperpendek umur komponen. Hal ini tentu akan mempercepat kerusakan pada komputer. Berdayakan cooling fan Anda.

  1. Jauhkan dari benda bermagnet

Jauhkan komputer Anda dari benda bermagnet atau sebaliknya jauhkan benda bermagnet dari komputer Anda. Benda bermagnet tidak hanya mengganggu monitor, tetapi juga mengganggu komponen yang ada dalam CPU komputer.

  1. Pergunakan dengan baik

Bila Anda sering bermain game tentunya keyboard dan mouse kadang akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, jaga agar penekanan tombol/klik mousen tidak terlalu kuat/keras. Selain itu, sering-sering mengatur setting-an untuk mengganti pemakaina tombol keyboard sebelum tombol tersebut rusak.

 

 

Sumber:

 

http://sigitgrafikaoioi.blogspot.co.id/

http://www.tuliat.com/fungsi-komponen-yang-ada-dalam-cpu-komputer/

http://hotspot-pi.blogspot.co.id/p/komponen-komponen-cpu.html

http://www.patartambunan.com/komponen-komponen-cpu-dan-fungsinya/

http://tellnetwork.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-processor-fungsi-beserta.html

http://komputerupdaters.blogspot.co.id/2015/09/volatile-dan-nonvolatile.html

http://firlyanggi.blogspot.co.id/

https://cahaya14design.wordpress.com/2014/05/07/pengertian-fungsi-adaptor/

https://mamangkomputer.wordpress.com/2014/10/12/power-supply-pada-pc-dan-laptop/

http://www.kalvinliang.com/pengertian-dan-fungsi-adaptor/

http://www.tips4laptop.com/2013/12/mengenal-baterai-laptop.html

http://www.kalvinliang.com/pengertian-dan-fungsi-adaptor/

http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-dan-fungsi-power-supply.html

http://aimyaya.com/id/komputer/8-cara-merawat-komputer-dengan-mudah-dan-sederhana/

http://odiloputra67.blogspot.co.id/2012/06/14-tips-merawat-komputer-agar-awet-dan.html

http://monthlytech.com/18-cara-merawat-komputerlaptop-agar-tetap-awet-dan-tidak-rusak/

Leave a Reply